Persaingan-Bisnis-Grosir-Tas-di-Indonesia-1

Persaingan Bisnis Grosir Tas di Indonesia (Part 1)

Jumlah penduduk indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2010  sekitar 237 juta jiwa, dengan perbandingan antara penduduk laki laki 119.507.580 dan penduduk perempuan 118.048.783. Jumlah penduduk sebesar itu tentunya merupakan pasar yang sangat menarik untuk dijadikan target market semua produk, baik untuk kebutuhan pokok sandang, pangan dan papan. Demikian hal nya dengan market pasar untuk produk tas tentu nya sangat besar sekali, dengan asumsi 1 orang punya 1 tas saja sudah berapa trilyun uang yang berputar di usaha grosirtas ini.

Secara garis besar usaha ini di bagi menjadi 2 kelompok besar yaitu: grosir tas untuk tas cewek atau tas fasion dan grosir tas untuk tas cowok, yang mana pangsa pasar terbesar di kuasai oleh permintaan tas cewek baik untuk keperluan kerja, keperluan pergi ke pesta, maupun hanya sekedar tas untuk fashion (style) atau bergaya. Dengan data diatas maka indonesia menjadi sasaran target marketing bagi tas bermerek internasioal seperti: Hermes, Furla, Gucci, Versace, LouisVuiton, Burberry, Chloe dll. Mereka berlomba-lomba membuka gerai dan counter di kota-kota besar di indonesia seperti jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan dengan target pasar para kaum sosialita, wanita karir dan kalangan menengah-atas yang mementingkan penampilan mereka, dan tas juga dijadikan ajang unjuk diri terhadap status sosial mereka.

Perkembangan dunia informasi yang sangat pesat menyebabkan tas menjadi trend fashion tersendiri bagi wanita indonesia bagi mereka kalangan atas, membeli tas original merek – merek diatas adalah sebuah keharusan dan bagi kalangan menegah ke bawah membeli tas kw atau tas replika menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan. Dengan budget yang jauh lebih murah, mereka bisa mendapatkan tas bermerek walaupun mereka tahu kalau itu tas kw tetapi mereka tetap bangga karena bisa bergaya dihadapan relasi,teman, dan pergaulannya. Secara sekilas untuk membedakan tas original dengan tas kw sangat sulit karena bentuk, bahan, dan tampilannya hampir sama 100% walaupun banyak juga tingkatan dalam penduplikasiannya, mulai tas wanita super, tas wanita semi super, tas kw dll. dimana pemasok terbanyak barang – barang tersebut berasal dari china, taiwan, hongkong yang masuk ke indoneisa lewat batam, jakarta dan surabaya, seperti yang di ungkapkan oleh owner www.grosirtasmurah.co.id.